KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KELAS:IV
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
2.1.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam
dalam kehidupannya sekarang
2.2.
Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3.
Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Mengenal
manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2 Memahami
manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu
Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya
dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.4 Memahami
kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya
di masyarakat sekitar
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Menceriterakan
tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang,
perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.2 Merangkum
hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam
waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial,
ekonomi, dan pendidikan
4.3 Menceritakan
manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.4 Mendeskripsikan
kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, pendidikan, ekonomi, dan budaya
di masyarakat sekitar
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
|
KELAS: V
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan
waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan
lingkungannya
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
|
2.1 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan
oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa
kebangsaan
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetikadan
memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam
berpartisipasi penanggulanganpermasalahan
lingkungan hidup
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
|
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan
manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan
keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
dalam lingkup nasional
3.2 Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi
dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa
tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya
dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang
yang terkait dengan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
3.5 Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk
dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas
dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan
waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan
dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
4.2 Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan
dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta
perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai
jenis media
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia
dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman
tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi
dan peran kelembagaan sosial, ekonomi
dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
4.5 Menceritakan secara tertulis hasil kajian
mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
KELAS: VI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima karunia Tuhan YME
yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan
politik
1.2 Menerimaadanya kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik dalam masyarakat
yang mengatur kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai
penduduk Indonesia
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
|
2.1
Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai
perwujudan rasa nasionalisme
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam
mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan
peninggalan berharga di masyarakat
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat
Indonesia
3.2 Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya
perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan
awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara
3.3 Memahami keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial,
ekonomi, dan budaya
3.4 Menelaah
manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan
masyarakat dan bangsa Indonesia
3.5 Menelaah
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan
budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media
lainnya
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan
akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan
kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan,
dan bernegara dalam bentuk tulisan
4.3 Mengemukakan hasil pemahaman mengenai
keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah
Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam
berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.4 Menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan
politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa
Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan,
tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5 Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi dalam berbgai bentuk media (lisan,
tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar