KTSP
IPS SD/MI
Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah
(MI)
A. Latar
Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata
pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai
SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji
seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan
isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi,
Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik
diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan
bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi
tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan
setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan
pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial
masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis,
komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan
keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut
diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam
pada bidang ilmu yang berkaitan.
B. Tujuan
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan
kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis,
rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam
kehidupan sosial
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai
sosial dan kemanusiaan
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan
berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan
global.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1. Manusia, Tempat, dan
Lingkungan
2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial dan Budaya
4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Standar
Kelas 1, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami identitas diri dan
keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
|
1.1 Mengidentifikasi
identitas diri, keluarga, dan kerabat
1.2 Menceriterakan pengalaman
diri
1.3 Menceriterakan kasih sayang antar
anggota keluarga
1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
|
Kelas 1, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
2.1 Menceritakan
kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
2.2 Mendeskripsikan
letak rumah
2.3 Menjelaskan lingkungan
rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami peristiwa penting dalam
keluarga secara kronologis
|
1.1 Memelihara dokumen dan
koleksi benda berharga miliknya
1.2 Memanfaatkan
dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
1.3 Menceritakan
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
|
Kelas
II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2 Memahami kedudukan dan peran
anggota dalamkeluarga dan lingkungan tetangga
|
2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
2.2 Menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran
dalam anggota keluarga
2.3 Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama
di lingkungan tetangga
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di
sekitar rumah dan sekolah
|
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah dan sekolah
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah
1.3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah
dan sekolah
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/desa
|
Kelas
III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Memahami jenis
pekerjaan dan penggunaan uang
|
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
2.3 Memahami kegiatan jual beli di
lingkungan rumah dan sekolah
2.4 Mengenal sejarah uang
2.5 Mengenal penggunaan uang sesuai dengan
kebutuhan
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi
|
1.1 Membaca peta lingkungan setempat
(kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana
1.2 Mendeskripsikan kenampakan
alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan
keragaman sosial dan budaya
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber
daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya
setempat (kabupaten/kota, provinsi)
1.5 Menghargai berbagai peninggalan sejarah di
lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya
1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme
tokoh-tokoh di lingkungannya
|
Kelas
IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi
|
2.1 Mengenal aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
2.2 Mengenal pentingnya
koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
2.3 Mengenal perkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman
menggunakannya
2.4 Mengenal
permasalahan sosial di daerahnya
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada
masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
|
1.1 Mengenal makna
peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha
dan Islam di Indonesia
1.2 Menceriterakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.3 Mengenal keragaman
kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
1.4 Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.5 Mengenal jenis-jenis
usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
|
2.1 Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda
dan Jepang
2.2 Menghargai jasa dan
peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
2.3 Menghargai jasa dan
peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
2.4 Menghargai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami perkembangan
wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
1.2 Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
1.3 Mengidentifikasi benua-benua
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Memahami
gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
|
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam
yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana
alam
|
3. Memahami peranan
bangsa Indonesia di era global
|
3.1 Menjelaskan peranan Indonesia pada
era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa
Indonesia
3.2 Mengenal manfaat ekspor dan impor di
Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Borgata Hotel Casino & Spa - JT Hub
BalasHapusBorgata 속초 출장샵 Hotel Casino & Spa · 1 Borgata Way Atlantic City, NJ 08401 거제 출장샵 · (609) 317-1000 · Visit Website · More Info. Hours, 강릉 출장마사지 Accepts Credit Cards, 남원 출장샵 Wi-Fi. Rating: 3.9 · 울산광역 출장샵 9 votes